Cara Berkomunikasi Secara Efektif


Saat berhubungan sosial dimasyarakat baik itu hubungan antar individu atau kelompok, pasti mengalirlah sebuah komunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Sebelum dan sesudah berkomunikasi pada dasarnya setiap orang mempunyai sebuah persepsi dan asumsi tentang lawan bicaranya.
Biasanya anda akan ditanyai oleh lawan bicara anda baik itu secara formal maupun personal/pribadi. Apabila persepsi dan asumsi anda terhadap apa yang diinformasikan seseorang sudah salah maka akan terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman.Untuk mengatasi hal itu maka dibutuhkan komunikasi yang efektif, seperti apakah itu?

Komunikasi yang efektif adalah sebuah cara berkomunikasi untuk mengurangi kesalahpahaman yang timbul saat mengirim ataupun menerima sebuah informasi atau pesan antara individu satu dengan lainya.
Berikut adalah tips untuk anda agar berkomunikasi secara efektif.
Ketika anda sedang berbicara dengan seseorang usahakanlah melakukan hal-hal berikut ini:

§  #Lakukan kontak mata
Saat lawan bicara anda sedang menyampaikan suatu informasi maka tataplah matanya, namun tidak harus selalu menatap matanya sepanjang waktu, ada saat dimana anda harus memalingkan pandangan.

§  #Perhatikan pertanyaan dan komentar
Anda harus menyimak dengan seksama setiap pertanyaan, mengingat-ingat dan mencatat poin-poin penting dari lawan bicara anda sehingga anda dapat mengurangi kesalahpahaman.


§  #Perhatikan bahasa tubuh dan intonasi
Saat berbicara maka ungkapkan bahasa tubuh anda seperti menganggukan kepala tanda anda mengerti, aturlah volume suara anda tidak harus keras namun yang terpenting jelas dan lawan bicara anda bisa mengerti dengan apa yang anda ucapkan

§  #Antusiaslah dengan lawan bicara anda dan kuasai keadaan
Hal-hal seperti antusiasme dapat menimbulkan suasana keakraban, antusias bisa seperti saat anda benar-benar memperhatikan dan peduli pada apa yang lawan bicara anda ucapkan. Ketika suasana berubah menjadi kacau anda harus tahu penyebabnya dan mencari solusinya.

§  #Bertanyalah untuk memastikan
Saat anda kurang jelas mengenai suatu hal maka tanyakanlah kembali kepada lawan bicara, apakah memang anda belum mengerti atau hanya sekedar  ingin memastikan saja.

Demikianlah beberapa tips berkomunikasi secara efektif, semoga bisa bermanfaat buat pembaca semua apabila ingin membangun sebuah networking yang luas dan juga agar bisa mengurangi kesalahpahaman yang bisa berujung pada sebuah konflik


Anda Pasti Bisa!



Terimakasih sudah berkunjung#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...