Latihan D

1.      Buatlah sebuah daftar hal-hal yang selalu menunggu Anda.

2.    Sadarilah bahwa sulit dipercaya tidak sesuatu pun mempunyai kekuatan untuk mengganggu Anda. Segala macam gangguan itu berasal dari keterikatan terhadap ilusi-ilusi tentang’’identifikasi’’, yang berarti bahwa Anda berada di bawah kesan bahwa ilusi itu adalah Anda sendiri. Kalau kita sadar, tak satupun ketidakadilan atau kejahatan manusia mempunyai kekuatan untuk mengganggu kita. Tak peduli apa pun yang terjadi, kita tetap berada dalam kedamaian. Mobil yang kehilangan kendali tidak bisa menabrak orang yang ada di dalam sebuah pesawat. Awan yang paling gelap pun tidak akan merusak langit.

3.     Sekarang ambilah pada daftar itu dan katakanlah, ‘’Aku bukan hal ini ataupun hal itu. Tidak peduli apapun yang terjadi, aku tidak akan mau kehilangan diriku yang sejati.’’ Tak seorang pun akan dapat memisahkan Anda dari diri Anda dan mengatakan kepada Anda, ‘’Lompatlah, kumpulkan, taatilah, dan aku akan memberikan kepadamu dirimu sendiri.’’ Anda tidak akan lagi berpikir bahwa orang lain punya kekuatan untuk memberikan diri Anda sendiri kepada Anda, atau pun untuk mengambilnya. Apakah Anda mengerti arti tidak merasakan lagi kemuakan atau kejengkelan? Hal ini merupakan mutiara yang tak ternilai harganya. Lalu apa yang ingin Anda berikan sebagai balasannya?

Bahan Pertimbangan:
Tidak perlu kita menjadi popular. Tidak perlu membuat dicintai atau diterima. Tidak perlu menjadi menonjol atau penting. Semua hal itu bukanlah kebutuhan dasar manusia. Hal tersebut adalah keinginan yang muncul dari ego – diri yang dikondisikan dari sebuah’’aku’’. Sesuatu yang jauh di lubuk hati Anda tidak berminat pada hal-hal semacam itu. Ego tersebut sudah mempunyai apa yang diperlukan untuk manjadi bahagia, Apa yang Anda perlukan adalah menyadari keterikatan Anda, menyadari bahwa hal-hal tersebut adalah ilusi, dan kemudian Anda akan berada di jalan kearah kebebasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...