Latihan N

Ada bebarapa tahap untuk sampai pada sebuah taraf yang lebih tinggi untuk mengalami cinta, di mana Anda tidak membiarkan diri sendiri dikutuki, dipengaruhi secara negatif, atau dilukai oleh orang lain.

Latihan ini akan membantu Anda mengatasi kekosongan yang disebabkan oleh penolakan, rasa tidak berguna, dan penerimaan dari orang lain yang palsu. Begitu hal-hal yang tidak relevan ini sudah terbangun, Anda akan mampu membuat pertimbangan sebelum membuat keputusan, berhenti memuji diri atau menghukum diri.

1.      Pikirkan seseorang yang Anda perlukan persetujuannya. Sadarilah bahwa kehadiran orang itu akan membuat Anda kehilangan kebebasan untuk menjadi diri sendiri dan menerima orang itu apa adanya karena Anda memang membutuhkan orang itu.

2.      Kalau Anda sedang sendirian, kehadiran macam apakah yang Anda inginkan? Pikirkan seseorang yang Anda inginkan kehadirannya agar membuat Anda mampu mengesampingkan rasa tidak enak Anda. Lihatlah bahwa dengan kehadiran orang tersebut, Anda tidak bebas lagi karena Anda memandang orang tersebut sangat penting untuk kebahagiaan Anda.

3.    Pikirkan orang-orang yang Anda perlukan kekuatannya untuk membuat Anda bahagia atau sedih. Jangan biarkan diri Anda tertipu oleh ilusi. Anda tidak perlu orang lain sebagai penyangga Anda secara emosional. Begitu Anda menyadari hal ini, tak seorang pun akan pernah menguasai Anda. Tinggi dan rendahnya emosional Anda akan segera berlalu. Anda harus terus menjadi tuan atas hubungan Anda dengan orang lain. Jangan biarkan Anda dikasihani orang lain. Sekarang Anda bebas. Anda dapat mencintai. Spiritualitas dan kemanusiaan Anda sudah tersimpan.


Bahan Pertimbangan:
Memperhatikan diri Anda sendiri adalah sikap egois dan sikap mandiri, namun inilah yang perlu dilakukan dan hasilnya memang sungguh hebat. Belajarlah untuk hidup secara penuh, manusiawi, dan bahagia dari hari kehari. Pendekatan manusiawi yang sejati adalah belajar berenang dan tidak tenggelam bersama teman Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...