Membuat Jurnal

Bagaimana kita mendeskripsikan tentang kehidupan. Bayangkanlah diri Anda sedang berada disana, lalu apa yang Anda rasakan. Kesedihan,kebingungan, ketakutan, ketidakbahagiaan, kehilangan kendali dll. Apakah ini yang sedang terjadi pada hidup Anda. Mari kita lihat bagaimana cara untuk mengatasinya. Anda akan lebih termotivasi, lebih merasakan kekuatan, kebebasan, dan pengharapan kembali. 

Pada saat saya sedang berada dikantin sekolah, saat itu disiang hari. Saya dan teman-teman berkumpul dalam sebuah meja makan yang terbuat dari kayu. Seperti biasa kami selalu mengobrol. Pada saat itu ada salah satu teman saya mengajukan sebuah pertanyaan: ‘’Sangatlah bagus bila kita mampu menjalani hidup ini dengan kesuksesan,tetapi bagaimana jika apa yang kita inginkan dan segala yang kita jalani berada diluar kendali? Apa yang harus kita lakukan? 

        Semua dari kami berpikir. Kemudian saya coba menjawabnya. ‘’Kita tidak selamanya menyalahkan keadaan, yang pasti bila kita terus berusaha dan tidak menyerah kita pasti mampu mendapatkan yang kita inginkan dan jika sesuatu berjalan diluar kendali yang harus kita lakukan adalah mencoba merekam apa yang sudah terjadi dan menulisnya dalam sebuah jurnal.’’

            Semua teman saya tertarik mendengar penjelasan dari saya. Namun mereka juga sedikit bingung kenapa harus menulisnya kedalam jurnal.
Lalu saya mencoba menerangkan. ‘’Ketika kita merasa sesuatu berjalan diluar kendali pasti segala emosi berdatangan dan membuat kita tidak bisa berpikir dengan jernih, namun ketika kita menulisnya maka kita akan mempunyai sudut pandang yang lebih luas.’’

Kemudian salah satu temanku bertanya, ‘’Lalu bagaimana cara kita menulisnya?’’. Saya pun menjawab, ‘’ Dengan melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menuliskan hal-hal yang positif didalamnya.’’

            Ini yang saya bagikan kepada mereka tentang membuat jurnal, didalamnya berisi langkah-langkah dan penjelasan agar dapat lebih peka terhadap masalah yang terjadi.

1.      Pastikan Anda menulis masalah yang terjadi.

2.      Gunakanlah perasaan Anda dalam menulis. Misalnya, Saya sangat hebat, saya merasa lebih bersemangat, dan sebagainya.

3.      Tulis dalam waktu yang berbeda untuk setiap masalah berbeda
Ketika mengadapi suatu masalah tulislah dalam hari-hari tertentu, misal hari senin tentang masalah keuangan, selasa tentang kesehatan, dan sebagainya.

4.      Buatlah sebelum masalah itu terjadi
Sebelum ada masalah datang anda harus mencoba mencoba menulis tentang bagaimana cara Anda dalam menghadapinya.

5.      Tulis semua hal yang berbeda: beri kategori pada jurnal yang Anda buat seperti: cinta, pekerjaan, rumah tangga, sekolah dan lain-lain.

6.      Gunakan  teknologi, kita bisa menulisnya di laptop atau jika perlu bisa mencetaknya dengan printer.

7.      Gunakan pengingat, buatlah suatu hal yang mengingatkan anda pada masalah tersebut.


8.      Rahasiakan jurnal Anda. Hal yang menarik adalah bahwa semua orang tidak mengetahuinya kecuali diri Anda sendiri.

Begitulah waktu itu. Teman-teman saya pun meresponnya dengan positif. Mereka sekarang telah mempunyai jurnal masing-masing dan menghadapi hidup dengan lebih bersemangat.

Membuat jurnal adalah salah satu bentuk tulisan yang memberi kekuatan pada hidup kita dalam menyadari setiap hal yang terjadi, Sangat mudah karena kita mengamati sesuatunya dengan kita turut berpartisipasi didalamnya. Ini mungkin bukanlah cara terbaik untuk semua orang, namun ini memberikan kekuatan untuk lebih fokus pada apa yang terjadi pada hidup kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...