Menuju Kepribadian Yang Lebih Baik

Kita hidup dan bertindak oleh karena sebuah motif atau dorongan. Motif itu sendiri ada banyak, sebagian kelihatan alami atau keturunan, dan sebagiannya lagi diperoleh atau dipelajari. Terdapat banyak motif untuk meningkatkan kepribadian Anda, namun saya hanya akan memberikan daftar motif umum yang menjadi dasar untuk menuju kepribadian yang lebih baik.

Berikut ini sebuah daftar dari beberapa yang akan Anda gunakan untuk menjaga gerak Anda menuju kepribadian yang lebih baik.


      1.      Hasrat untuk tampil memikat terhadap lawan jenis.
Hasrat ini muncul pada anak muda dan orang tua, menikah dan lajang, yang cantik dan sederhana, yang serius dan cuek, yang cerdas dan yang bodoh. Semuanya ini timbul dari motif yang sama yaitu keinginan untuk disukai oleh lawan jenis. Kita suka apabila lawan jenis mengagumi, memandang, mencari-cari, dan secara umum terpikat oleh kita. Bila Anda terbebas dari kelemahan kepribadian yang buruk dan mengembangkan diri yang lebih memikat maka Anda akan, dalam lingkup diri Anda, lebih disukai oleh orang-orang dan lawan jenis.

      2.      Hasrat untuk penerimaan Publik.
 Kita ingin dipandang lebih baik. Kita ingin semua orang menerima keberadaan kita, menyukai kita, berbicara kepada kita, dan bersikap ramah terhadap kita. Salah satu hal terburuk  yang dapat menimpa seseorang adalah dikucilkan. Kita hampir akan melakukan apapun untuk membuat orang lain menerima kita. Lebih jelasnya motif ini mempengaruhi kita dalam berhubungan dengan public. Anda harus lebih memacu tekad Anda untuk meningkatkan diri agar lebih diterima dan disukai publik, karena secara otomatis bila Anda mengembangkan sifat-sifat yang demikian maka Anda akan lebih mudah mendapatkan persetujuan.

      3.      Hasrat untuk merasa Aman.
 Kita ingin merasa aman-aman  dalam arti pribadi kita dan keuangan kita. Salah satu sumber kecemasan adalah kekhawatiran terhadap rasa tak aman. Kita akan melakukan segala jenis cara untuk membuat hati kita lebih aman dan menjauhkan diri dari kemungkinan berbahaya semuanya demi perasaan yang lebih aman.
Untuk mengatasinya cobalah untuk mempertahankan antusiasme Anda dalam melaksanakan tugas berat, di dalam pekerjaan coba bantulah orang lain agar merasa lebih aman pada pekerjaannya.

      4.      Hasrat terhadap kekuasaan.
Manusia menginginkan kekuasaan – apa pun dan segala jenis kekuasaan. Keinginannya terhadap         kekuasaan diekspresikan dalam berbagai cara. Satu cara umum adalah dalam upaya mendapatkan jabatan yang dianggap membawa gengsi dan wibawa tinggi. Kita ingin merasa penting, kitas senang memamerkan pengaruh kita, materi kita, segalanya yang membangkitkan perasaan berkuasa dan penting. Kepribadian yang berkembang akan menambah pengaruh Anda terhadap orang-orang, membuka peluang promosi dan kemajuan dalam pekerjaan dan profesi Anda, dengan demikian manjadikan Anda lebih berkuasa.

Jadi Anda lihat bahwa dalam upaya meningkatkan kepribadian, Anda akan terpuaskan, paling tidak dengan mengetahui sebagian dorongan paling berpengaruh yang dimiliki manusia.

Kepribadian yang meningkat akan membuat Anda lebih menarik terhadap lawan jenis, akan membawa Anda ketingkat lebih tinggi penerimaan publik, akan membantu Anda dalam mencapai rasa aman, dan menjadi alat menuju kekuasaan yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...