Anda mungkin akan banyak menemukan Apa yang Harus Dilakukan (What to Do), Bagaimana Melakukannya (How to Do) dan Bagaimana Memanfaatkan Sumber Daya (How to Utilize Resources).
Dan untuk berhasil perlu banyak latihan ketrampilan penting seorang
manajer. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang dalam
organisasi mencapai tujuan, namun cara paling efektif adalah dengan
Memimpin (Lead) mereka.
Kepemimpinan (Leadership)
adalah Kualitas Esensial seorang Manajer, yang harus Anda kembangkan,
sehingga dapat membakar semangat tim mengikuti rencana kerja Anda.
Kepemimpinan merupakan Ketrampilan yang dapat dipelajari sebagaimana
ketrampilan lainnya. Kepemimpinan adalah ketrampilan yang dapat
diimprove dengan cara Latihan (Practices).
Kepemimpinan bukanlah sihir yang
merupakan pemberian bagi seseorang dan tidak bagi orang lainnya.
Kepemimpinan tidak berdiri dibelakang Anda untuk memberitahukan apa yang
mesti dilakukan terhadap kinerja Tim. Kepemimpinan bukanlah cara
merendahkan serta meremehkan orang lain yang tidak melakukan apa yang
Anda minta. Kepemimpinan perlu proses yang panjang dan harus dilakukan
dengan kontinu setiap waktu.
Banyak cara yang dapat Anda temui,
bagaimana menjadi seorang Manager Leader yang lebih baik. Jadilah
seorang Manager dan pelajari tentang kepemimpinan sehingga Anda akan
menjadi Leader yang baik. Mungkin Anda ketika bertanya pada banyak
orang mereka akan kesulitan menjawab perbedaan antara Manager dan
Leader. Beberapa kemungkinan karena kata-kata Manager dan Leader sudah
sangat rancu dan tidak jelas. Namun perlu Anda pahami bahwa sangat
jelas perbedaan antara Manager dan Leader. Management adalah Karir
(Career) sedangkan Leadership adalah Panggilan (Calling). Anda tidak
perlu menjadi seorang yang Tinggi Tegap, Tampan dan Pandai Berbicara
untuk menjadi seorang Successful Leader, dan tidak perlu juga memiliki
Keahlian Khusus dalam pemenuhan Kriterianya.
Langkah Pertama,
menjadi seorang Manager Leader adalah dengan bertanya pada diri sendiri
mengenai diri Anda. Jangan mempertanyakan Orang lain dan Organisasi
Anda sendiri, karena inti dari Leadership adalah “Anda”. Berikut
beberapa pertanyaan yang harus Anda renungkan dalam proses menjadi
seorang Manager Leader.
- Apa yang Penting Bagi Anda..? Nilai, Keyakinan, Norma dan lainnya. Pastikan Anda menemukan hal terpenting bagi Anda dalam membangun kepemimpinan.
- Bagaimana Anda dapat mendemonstrasikan hal tersebut dalam keseharian.
- Apakah organisasi yang lebih besar mendukung Nilai, Keyakinan dan Norma Anda.
- Apa yang dapat Anda lakukan dalam merubah cara perilaku organisasi.
Anda akan melalui
tahapan tersebut berkali-kali tidak hanya sekali dalam sebuah periode
karena semakin panjang perjalanan kepemimpinan Anda, maka semakin besar
organisasi yang terkait.
Langkah Kedua,
setelah menemukan jati diri dan keinginan Anda, selanjutnya pada tahap
berikut Anda akan membangun Kolaborasi dengan Tim. Cari tahu apa yang
menjadi keinginan mereka dan impiannya terhadap pekerjaan dan
organisasi. Juga kembangkan wawasan Anda dengan berbicara kepada pihak
Internal dan Eksternal lainnya seperti Customer dan Supplier, Departemen
Terkait dan Divisi lainnya. Kembangkan Komunikasi dan Pembicaraan
sehingga semakin banyak informasi yang Anda miliki untuk melihat tren
dan kemungkinan-kemungkinan hubungan terjadi sebagai dampaknya.
Kepemimpinan tidak dilahirkan, melainkan
pilihan yang dipercaya dan diyakini bagi setiap individu yang
berkomitmen akan kebaikan dan kemuliaan dalam dirinya. Jadilah Pemimpin
dan ketika Anda seorang Manager hal itu akan lebih mempermudah Anda
dalam melakukan Latihan Kepemimpinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar