World Class Leadership


Biasanya istilah World Class (Kelas Dunia) selalu terkait dengan sebuah Organisasi, Perusahaan, Services (Pelayanan), Industri, Hotel dan lainnya.  Sebagai contoh mungkin adalah Microsoft, sebagai Industri IT Kelas Dunia; Exxon Mobil sebagai Industri Minyak Dunia atau Barcelona sebuah Klub Sepak Bola Terbaik Dunia dan jika berbicara tentang seseorang pastilah yang memiliki Talent dan Skill luar biasa serta diakui dunia. 

Istilah World Class akan cenderung menuju pada bentuk Pemberian dan Pengakuan dari pihak lain yang melihat, merasakan dan berpendapat, yaitu Customer atau User Anda.  Customer atau Pelanggan adalah orang yang Anda layani dengan Produk dan Jasa termasuk di internal perusahaan Anda sendiri.  Istilah World Class juga mengacu pada perbandingan dengan Kompetitor Terbaik dalam bidang sejenis dan tingkatan kualitas yang sama.


World Class Leadership merupakan Tindakan memimpin untuk mencapai Standar Kelas Dunia yang excellence dimata Customers dan Constituents serta sebanding dengan Industri, Institusi atau Organisasi sejenis.
World Class Leadership bukan merupakan deskripsi Gaya Kepemimpinan bagaimana cara memimpin, namun cenderung mengarah pada Apa yang akan dipimpin (What to Lead) untuk mencapai Kepuasan Pelanggan, Hasil Excellence, Rating Rekomendasi, Peningkatan Sales dan lainnya.  Frasa utama dalam World Class Leadership (Kepemimpinan Kelas Dunia) adalah Customer dan Supplier, dimana Anda menjadi seorang Supplier Produk dan Jasa bagi Customer atau Pelanggan Anda.
Darimanakah datangnya World Class Leadership?
Mencapai Kepuasan Pelanggan dan Peningkatan Kualitas selalu menjadi Tolok Ukur dan Dasar Pengembangan Mesin dan Alat Bantu yang terjadi selama bertahun-tahun.  Penelitian Statistik, Survey Kepuasan, Focus Group Discussion akan terus terjadi dalam proses perbaikan Service dan Product.
Statistik menemukan dan menghasilkan kesimpulan bahwa setiap Organizational Improvement identik dengan Masukan (Feedback) Nasabah atau Pelanggan yang berkorelasi terhadap Pilihan, Preferensi, Tabiat Pembelian dan Tingkat Kepuasan.
Disinilah asal muasal terciptanya istilah World Class Leadership, dimana Fundamental Pelanggan menjadi acuan menciptakan Produk dan Jasa yang berkualitas dunia.  Pada Akhirnya Nilai Standar tersebut diaplikasikan dalam setiap Inisiatif Bisnis banyak organisasi dunia dan menjadi model kepemimpinan yang efektif bagi Karyawan dan Manajemen Perusahaan.
World Class Satisfaction Value, Nilai Kepuasan Kelas Dunia
  • Quality (Kualitas)
  • Value (Nilai)
  • Timeless (Sedikit Waktu)
  • Efficiency (Efisien)
  • Environment (Lingkungan)
  • Connection (Koneksi)
  • Self Management (Kelola Mandiri)
  • Commitment (Komitmen)
  • Team Work (Kerjasama Tim)
  • Innovation (Inovasi)
Dengan memaksimalkan Paramater tersebut maka setiap Industri atau Organisasi Bisnis dapat menapaki Jalur Kompetisi Dunia dan bahkan memenangkannya menjadi salah satu World Class Company.  World Class Leadership adalah Usaha menjadi Pemimpin Produk dan Jasa ber-Taraf Dunia dengan Pembanding Perusahaan Terbaik Dunia lainnya dan telah mendapat Tempat serta Penerimaan para Customer dan Pelanggan.

Sumber: ikhtisar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...