Negara Sebagai Pelaku Ekonomi

Negara sebagai pelaku ekonomi mempunyai peranan dalam mengatur dan mengelola kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Kegiatan ekonomi tersebut meliputi berbagai macam bidang, yaitu dalam bidang produksi, konsumsi, dan distribusi.

Pengaturan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut adalah untuk melindungi kegiatan ekonomi masyarakat dan juga untuk mengadakan pembinaan agar kegiatan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan lancar demi keberhasilan dan kemakmurannya sendiri. Diharapkan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. Disitulah pentingnya peranan negara untuk menjaga stabilitas kegiatan ekonomi, agar jangan sampai terjadi kekacauan dan hanya mementingkan pihak-pihak tertentu saja tanpa berpihak kepada rakyat.

Sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara sangat mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh negara yang bersangkutan. Dalam sistem sosialis atau komunis, negara melakukan dan mengatur semua kegiatan ekonomi. Dalam sistem liberal, negara membatasi diri dengan hanya memberikan perlindungan saja terhadap kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung. Dalam sistem campuran, negara berperan sebagai pelaku, pengawas, dan sekaligus sebagai pelindung bagi kegiatan ekonomi masyarakat.

Negara sebagai pelaku dalam bidang produksi
Dalam bidang produksi, negara melakukan kegiatan ekonomi (melakukan produksi) terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang sifatnya strategis atau penting sekali bagi kemakmuran rakyat secara keseluruhan.

Negara sebagai pelaku dalam bidang konsumsi
Dalam bidang konsumsi, negara berperan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkannya. Misalnya memfasilitasi dalam pengambilan pinjaman rumah sehingga masyarakat bisa mengambil kredit rumah secara mudah, murah dan cicilan jangka panjang.

Negara sebagai pelaku dalam bidang distribusi
Dalam bidang distribusi, negara berperan dalam menyeberluaskan barang dan jasa yang mempunyai peranan sangat penting sekali bagi kehidupan dan kemakmuran masyarakat. Misalnya mendistribusikan BBM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...