Play Your Own Game

By :      Gulojr |  2 November 2012  | label : Motivasi
 
Kakek saya sangat suka bermain catur. Setiap waktu senggangnya digunakan untuk bermain catur. Permainan diatas papan hitam dan putih ini memang akan membuat kita ingin terus bermain karena menantang, penuh strategi, dan selalu mengasah otak dengan pola pikir yang taktis.Perjuangan hidup kita dalam meraih sukses kitapun diibaratkan permainan catur.


Jika kita cukup ‘’smart’’ dalam memainkannya, maka kita bisa menang. Dan dalam memainkannya diperlukan kerajinan dan ketekunan untuk mengasah kecerdasan otak kita. Saat kita terus melatih otak kita untuk mencari strategi yang tepat maka kita akan mempunyai kemungkinan besar untuk menang. Kita tidak boleh cuek dalam memainkannya karena besar kemungkinan akan kita akan kalah.

Begitu juga dengan kehidupan yang kita jalani. Jika kita selalu cuek, masa bodoh, tidak peduli, malas berpikir, dan ,malas berusaha dalam hidup kemungkinan besar akan ada kemunduran pada kemampuan kita dalam mengatasi suatu tantangan dan pada akhirnya membawa kita pada kekalahan. Untuk itulah kita harus memaksimalkan semua potensi yang kita miliki, dan berusaha menghadapi segala macam tantangan yang menghadang.

Jika kita membiarkan orang lain mendikte kita dalam bermain, maka kita telah membiarkan orang lain mengontrol kita. Jika memang terjadi demikian, kita tidak akan mendapatkan poin dan akan kalah dalam hidup ini. Ketika kita mulai menggantungkan hidup pada orang lain tanpa sedikitpun kontrol yang kita pegang, maka bukan lagi kita yang menentukan masa depan kita sendiri, melainkan orang lain. Hal ini bukan berarti kita harus bekerja seorang diri dan tidak memedulikan komunitas sekitar. Tetapi proses kerja sama dan belajar dari orang lain tetap berjalan sejauh kita memegang kendali hidup sendiri. Itulah yang dinamakan bertanggung jawab atas diri kita sendiri.

Kita sendiri yang berperan besar dalam menentukan kesuksesan kita. Bukan orang lain. Jika kita ingin meletakan kekuatan besar pada kemenangan kita, maka kita harus mengetahui siapa yang bertanggung jawab sepenuhnya dalam hidup kita dan itu adalah diri kita sendiri.

Hidup bagaikan sebuah pertandingan yang harus dimenangkan, maka seharusnya setiap kita lebih bertanggung jawab dalam proses kemenangan tersebut. Kita yang menentukan seberapa jauh kita melangkah untuk maju, seberapa jauh kita manjadi pemenang, lewat kerja keras, komitmen, dan sikap mental positif yang disertai dengan kuasa Tuhan yang akan memampukan kita untuk menjalani hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...