Tambahan Waktu Yang Berharga

Orang jepang pernah punya pepatah yang harus kita camkan: ‘’Pada waktu Anda berhenti mengadakan perjalanan, Anda akan tiba disuatu tempat.’’ Dan saya akan berkata, ‘’Pada waktu Anda berhenti berlari, Anda akan sampai disuatu tempat.’’

Hal itu mengingatkan saya pada seorang ayah yang pergi kemuseum dengan kelima anaknya. Orang itu berkata kepada Anak-anaknya. ‘’Ayo cepat, cepat, cepat, karena kalau kalian berhenti dan mengamati setiap benda, kalian tidak akan melihat apa-apa!’’ Ini sungguh mengerikan dalam hidup. Ini pula yang sedang kita lakukan. Kita berusaha menghemat waktu, dan kini kita justru kehilangan hidup kita yang berharga.
  
Saya teringat akan seorang pemuda yang sedang mengadakan perjalanan bersama istrinya. Dia sangat suka melaju dengan cepat. Istrinya mengeluarkan sebuah peta dan berkata, ‘’Sayang, kita berada pada jalan yang salah!’’Kata suaminya, ‘’Tidak apa-apa, kita sedang memecahkan rekor.’’ Dalam cerita tersebut, Anda mendapati sesuatu yang mengerikan pada kehidupan modern. Mungkin itu pula yang sedang kita lakukan.

Berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk sampai di tempat kerja? Dua puluh menit? Perpanjanglah menjadi dua puluh satu menit. Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk minum kopi? Sepuluh menit? Lakukan selama sebelas menit! Anda akan mendapat keuntungan dengan beberapa detik kelebihan waktu yang Anda tambahkan dari setiap hal yang Anda lakukan. Dalam satu minggu, Anda akan mulai merasakan hidup pada saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...