Posisi Dan Tugas Pemain Dalam Sepakbola

Hai semua, apa kabar ? pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan berbagai posisi dan tugas pemain sepakbola dalam permainan sepakbola. Tentu dengan ini kalian bisa mengetahui posisi dan apa tugas dari seorang pemain sepakbola. Tak usah menunggu lama, simaklah dengan seksama:


1. Kiper (penjaga gawang)
Posisinya berada dibelakang pemain lain, perlengkapannya menggunakan sarung tangan, terkadang kiper menjadi awal mula serangan tim dan hanya kiperlah yang boleh memegang bola namun hanya dikotak pertahanan. Seorang kiper harus mempunyai refleks yang tinggi, pemahaman area gawang, lemparan yang bagus dan komunikasi yang baik kepada anggota timnya. Menurut saya ada beberapa Penjaga gawang terbaik yaitu Casillas, Gianluigi Buffon, Van der Saar

2. Bek (defender)
Pemain ini disebut pemain belakang dimana tugas utamanya adalah memblok bola dari tembakan lawan, para bek biasanya berpostur tinggi dan kuat dalam duel udara, bek terbagi menjadi beberapa yaitu:
CB(center back): posisinya berada ditengah, memblok bola dari tengah pertahanan. Contoh: john terry,pepe,sergio ramos.

FB(full back)/WB(wing back): posisinya berada dibawah pemain sayap, full back atau wing back bertugas membantu menyerang sampai ke kotak penalti lawan atau membantu pertahanan dari sisi pinggir lapangan daerah pertahanan. Contoh: marcelo, dani alves, jordi alba

Penyapu (Sweeper): berada dibelakang garis pertahanan, tepatnya didepan kiper, sweeper identik dengan formasi lima bek, posisinya dibelakang center back. Ketika bola melewati center back maka tugas sweeper adalah menyapu bola, biasanya sweeper mempunyai banyak pergerakan dan mempunyai kemampuan yang lebih dalam merebut dan menyapu bola dari serangan pemain lawan. Contoh: Walter Samuel ( Intermilan )

3.Gelandang (midfielder)pemain tengah posisinya berada diantara bek dan penyerang, bertugas menghubungkan antara bek dan penyerang. Dalam tugasnya ada yang lebih kuat dalam membantu pertahanan, maupun bagus dalam membantu penyerang. Pembagian gelandang dan perannya adalah sebagai berikut:

Gelandang bertahan/DM(defending midfielder)tugas utamanya adalah menjaga agar bola tidak mencapai garis pertahanan, berkemampuan lebih dalam memotong alur bola dari pemain lawan, bisa memposisikan diri dengan baik dan mempunyai stamina yang kuat.Contoh: Makelele, kante, xabi alonso

Gelandang Tengah(center midfielder)tugasnya adalah mengatur lini tengah, mengatur ritme permainan tim, membantu pertahanan baik di tengah maupun sayap dan membuat peluang untuk striker.Biasanya Center midfielder /CM harus mempunyai teknik yang baik, cepat, kuat, dan cerdik Contoh: iniesta, xavi, steven gerrard.

Gelandang Serang ( Attacking Midfielder)mempunyai skill dalam mengontrol bola dengan sangat baik,bisa mendistribusikan bola dengan baik, mempunyai keterampilan dalam menciptakan pola penyerangan yang baik. Contoh: zinedine zidane, david silva, kevin de bruyne, mesut ozil.

4. Gelandang Sayap (Winger)peran pemain sayap sama dengan gelandang serang namun umumnya tugas mereka berada disisi lapangan baik di kanan, maupun di kiri. Pemain yang menduduki posisi ini haruslah memiliki kecepatan yang tinggi, kemampuan yang sangat baik dalam men- dribbling, dan dapat melewati lawan dengan baik. Fleksibel dalam artian bisa menyerang dari tengah ataupun menjadi penyerang sayap. Contoh: Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Lionel Messi, Marco Reus, Arjen Roben.

5. Penyerang (Forward) posisinya paling dekat dengan gawang lawan, dan tugas utamanya yaitu menciptakan gol. Biasanya mempunyai pergerakan tanpa bola yang bagus, mempunyai naluri mencetak gol. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi sebagi penyerang. Dalam permainan sepak bola, pemain penyerang ini dibagi menjadi beberapa macam sesuai posisinya dan perannya masing-masing.

Penyerang Tengah ( Center Forward ) penyerang tengah sering disebut striker. Pada umumnya, striker punya dua peran yang di antaranya:
1. Menciptakan gol dari umpan-umpan yang diberikan rekan timnya.
2. Memberikan ruang untuk gelandang serang, pemain sayap, dengan mengalihkan perhatian pertahanan lawan.
Striker yang baik biasanya bisa menahan bola dengan baik, kuat dalam duel udara, berani mengambil keputusan dan cerdas. Contoh: Ronaldo, Robin van Persie, Sergio Aguero, Fernando Torres, Falcao.

Penyerang Sayap ( Wing Forward ) bisa disebut juga dengan nama withdrawn striker atau second striker. Dia adalah seorang striker yang ditarik ke belakang dan melakukan penyerangan. Selain menciptakan gol, penyerang sayap juga berfungsi sebagai pembantu serangan dari sektor sayap. Yaitu dengan memberikan umpan-umpan kepada striker , dan membuka ruang agar striker bisa mencetak gol.

Demikianlah yang Saya dapat sampaikan, menjadi pemain sepakbola bukanlah hal yang mudah, menjadi pemain sepakbola yang terkenal di posisinya tidaklah datang begitu saja, diperlukan latihan, keuletan dan kerja keras agar bisa seperti mereka.
Oh iya kalau di suruh membuat starting eleven di tahun 2018, mungkin hanya iseng tapi biar menjadi wawasan saja. Ini dia Starting Eleven Saya dalam formasi 41221 :

CF (Cristiano Ronaldo)
RW (Lionel Messi)
LW (Neymar)
CM (Kevin de Bruyne)
CM (Iniesta)
DM (Kante )
RB (Daniel Alves)
LB ( Marcelo )
CB ( Jerome Boateng )
CB ( Sergio Ramos )
GK ( David De Gea )

Bagaimana dengan kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Mula Marga di Pulau Nias

Konon, Lowalangi (Mula Jadi Na Bolon bagi orang Batak)menciptakan langit berlapis Sembilan. Lalu menciptakan pohon kehidupan bernama Tora’...